Kamis, 17 November 2011

Kedudukan Media dalam Sistem Pembelajaran


Sebelum mengetahui tentang kedudukan media dalam sistem pembelajaran, terlebih dahulu kita harus mengetahui 5 hal yang harus ada dalam sistem pembelajaran, yaitu :
1.    Tujuan yaitu sesuatu yang akan dicapai melalui proses pembelajaran yang akan dijalankan.
2.    Materi adalah sesuatu yang dijadikan sebagai sarana untuk mengantarkan siswa untuk sampai ketujuan yang telah dirumuskan sebelumnya.
3.    Metode, yaitu cara yang akan digunakan dalam mempermudah penyampaian materi guna pencapaian tujuan.
4.    Media. Setelah ditentukan metode, maka akan diketahui media yang tepat digunakan sesuai dengan metode yang akan dijalankan. Sehingga media tersebut akan mempermudah dalam menjalankan metode yang telah dipilih. Media yang baik dalam pembelajaran adalah media yang dapat memaksimalkan indera yang dipakai siswa.
5.    Evaluasi. Selanjutnya setelah semua dijalankan, untuk mengetahui apakah tujuan yang ditetapkan sudah tercapai atau belum diadakan evaluasi.

Dari uraian tersebut, jelas bahwa media merupakan salah satu hal yang penting dalam sistem pembelajaran. Media berasal dari bahasa latin “medius” yenng berarti tengah, perantara atau pengantar. Sedangkan dalam bahasa arab “wasaail” yang berarti pengantar pesan dari pengirim ke penerima.
Sedangkan secara garis besar, pengertian media adalah manusia, materi, kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, ketrampilan dan skil.
Berikut ini, dua fungsi / peran pokok media pendidikan  (yang sekarang disebut media pembelajaran) sebagai berikut :
1.      Fungsi AVA (Audiovisual Aids atau Teaching Aids) berfungsi untuk pengalaman yang konkret kepada siswa. Inilah fungsi utama media, yaitu sebagai alat bantu agar dapat memperjelas (membuat lebih konkret)apa yang disampaikan guru, karena kalau tidak menggunakan media, maka penjelasan guru bersifat sangat abstrak.
2.      Fungsi komunikasi. Inilah fungsi kedua dari media pembelajaran, yaitu sebagai sarana komunikasi dan interaksi antara siswa dengan media tersebut, dan dengan demikian merupakan sumber belajar yang penting.

Agar fungsi kedua media ini mencapai sasarannya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu :
·         Perhatikan dan sesuaikan dengan medan pengalaman audience.
·         Upayakan penerima menerima umpan balik (feedback) dalam mebaca / melihat program media tersebut.
·         Pemberian umpan balik ini sangat pentingn karena dapat meningkatkan interaksi antarpenerima dengan media yang bersangkutan dan dengan sumber / komunikator yang membuat media.

Selain untuk menyajikan pesan, sebenarnya ada beberapa funngsi lain yang dapat dilakukan oleh media. Fungi-fungsi tersebut antara lain :
Ø  Memberikan pengetahuan tentang tujuan belajar.
Ø  Memotivasi siswa.
Ø  Menyajikan informasi.
Ø  Merangsang diskusi.
Ø  Mengarahkan kegiatan siswa.
Ø  Melaksanakan latihan dan ulangan.
Ø  Menguatkan belajar.
Ø  Memberikan pengalaman stimulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar