Kamis, 17 November 2011

Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan

Peningkatan mutu pendidikan merupakan isu sentral dinegara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Masalah seperti ini sudah sangat lama dicoba untuk diatasi dengan berbagai cara dan upaya, namun hasilnya belum maksimal. Teknologi pendidikan sebagai salah satu bagian dari pendidikan, juga berkepentingan dengan segala aspek pemecahan masalah belajar manusia melalui proses yang rumit dan saling berkaitan, juga ikut serta berupaya meningkatkan mutu pendidikan melalui cara-cara yang khas.
Cara-cara peningkatan mutu pendidikan yang dicetuskan menurut teknologi pendidikan adalah sebagai berikut :
·         Penggunaan media pembelajaran yang tepat sebagai pilihan dalam strategi pembelajaran. Media merupakan salah satu unsur penting dalam sistem pembelajaran yang dapat digunakan sebagai sarana untuk mempermudah tercapainya tujuan pembelajaran. Karena denngan media, sesuatu akan terlihat lebih konkret. Media yang baik adalah media yang sebanyak mungkin penggunaan indera siswa.
·         Penerapan konsep dan prinsip pembelajaran kontekstual dan desain pesan dalam pengembangan pembelajaran dan bahan ajar. Teori ini menekankan pada multi-aspek lingkungan belajar, sehingga melalui sebanyak mungkin pengalaman belajar, siswa diharapkan dapat menemukan hubungan yang bermakna antara pemikiran yang abstrak dengan penerapan praktis di dunia nyata.
·         Strategi pembelajaran berbasis multiple intelegences untuk pencapaian kompetensi dalam pembelajaran. Dalam strategi ini, diupayakan adanya optimalisasi kecerdasan majemuk yang dimiliki setiap individu untuk mencapai kompetensi tertentu dalam suatu kurikulum. Sehingga optimalisasi potensi siswa sesuai dengan kecerdasan dapat tercapai.
·         Paradigma konstruktivisik dalam rangka penngembangan kecerdasan ganda. Paradigma ini menekankan pada belajar untuk membentuk berbagai perspektif terhadap suatu isu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar