Kamis, 17 November 2011

Strategi Pembelajaran berbasis Multiple Intelligence (MI) untuk Pencapaian Kompetensi dalam Pembelajaran.

Perubahan yang harus dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah perubahan terhadap kualitas SDM dalam mengimplementasikan strategi pembelajaran yang akan digunakan.  Untuk itu, sudah saatnya kepada para guru diperkenalkan strategi-strategi pembelajaran yang mampu mengoptimalkan kecerdasan yang dimiliki siswa.
Secara garis besar, ada 8 jenis kecerdasan yang dimiliki manusia, yaitu :
1.        Kecerdasan Linguistik, kemempuan mengguanakan kata secara efektif, baik lisan maupun tertulis. Kecerdasan ini juga meliputi kemampuan memanipulasi bahasa, fonologi atau bunyi bahasa, semantik atau makna bahasa, dsb. Adapun ciri-ciri orang yang mempunyai kecerdasan ini ialah sebagai berikut :
·         Suka menulis kreatif
·         Suka mengarang kisah khayal atau menuturkan lelucon
·         Sanngat hafal nama, tempat, tanggal atau hal-hal kecil
·         Membaca diwaktu senggang
·         Suka mengisi teka-teki silang
·         Menonjol dalam bidang bahasa, dll

2.        Kecerdasan matematis-logis, kemampuan menggunakan angka dengan baik dan melakukan penalaran dengan benar. Ciri-cirinya yaitu :
·         Menghitung problem aritmatika dengan cepat diluar kepala
·         Suka mengajukan pertanyaan yang bersifat analisis
·         Mampu menjelaskan masalah secara logis
·         Suka merancang eksperimen untuk pembuktian sesuatu
·         Menonjol dalam bidang matematika dan IPA, dll

3.        Kecerdasan Spasial, kemampuan mengekspresi dunia spasial-visual secara akurat, dan kemampuan mentransformasikan persepsi dunia spasial-visual tersebut dalam berbagai aspek kehidupan. Kecerdasan ini juga meliputi kepekaan terhadap warna, garis, bentuk, ruang, dan hubungan antar unsur. Ciri-cirinya antara lain :
·         Mudah membaca peta, grafik dan diagram
·         Menggambar sosok benda atau orang persis aslinya
·         Senang melihat film, slide, foto-foto
·         Suka melamun dan berfantasi
·         Menonjol dalam mata pelajaran seni.

4.        Kecerdasan Kinestetik Jasmani, keahlian menggunakan seluruh tubuh untuk mengekspresikan ide dan perasaan, ketrampilan menggunakan tangan untuk menciptakan sesuatu dan kemampuan fisik yang spesifik, seperti keseimbangan, kakuatan, dll. Ciri-cirinya antara lain :
·         Banyak bergerak ketika sedang duduk atau mendengarkan sesuau
·         Aktif dalam kegiatan fisik seperti berenang
·         Perlu menyentuh sesuatu yang sedang dipelajari
·         Pandai menirukan gerakan
·         Berprestasi dalam pelajaran olahraga, mekanik, dan yang bersifat kompetitif

5.        Kecerdasan Musikal, kemampuan mengapresiasi berbagai bentuk musikal, membedakan, menggubah, dan mengekspresikannya juga meliputi kepekaan terhadap irama, pola nada atau melodi. Ciri-cirinya adalah :
·         Suka memainkan alat musik
·         Lebih bisa belajar dengan iringan musik
·         Mudah mengikuti irama musik
·         Memberikan reaksi yang kuat terhadap berbagai janis musik
·         Berprestasi sangat bagus dalam mata pelajaran musik

6.        Kecerdasan Interpersonal, kemampuan memersepsi dan membedakan suasana hati, maksud, motivasi serta perasaan orng lain juga mempunyai kepekaan terhadap ekspresi wajah, gerak isyarat. Ciri-cirinya yaitu :
·         Mempunyai banyak teman
·         Suka bersosialisasi
·         Banyak terlibat dala kegiatan kelompok diluar sekolah
·         Berbakat menjadi pemimpin dan berprestasi dalam mata pelajaran ilmu sosial, dll

7.        Kecerdasan Intrapersonal, kemampuan memahami diri sendiri dan bertindak sesuai pemahaman tersebut. Ciri-cirinya :
·         Memperlihatkan sifat independen dan kemauan yng kuat
·         Bersikap realistis
·         Bekerja dengan baik seorang diri
·         Memiliki rasa percaya diri yang tinggi
·         Banyak belajar dari kesalahan masa lalu,dll

8.        Kecerdasan Naturalis, kealian mengenali dan mengkategorikan spesies flora dan fauna dilingkungan sekitar. Ciri-cirinya :
·         Suka dan akrab dengan berbgai hewan peliharaan
·         Menunjukkan kepekaan terhadap panorama alam
·         Suka berkebun
·         Berprestasi dalam mata pelajaran IPA, Biologo dan lingkungan hidup.
Strategi pembelajaran MI pada prakteknya   adalah memacu kecerdasan yang menonjol pada diri siswa seoptimal mungkin, dan berupaya mempertahankan kecerdasan lainnya pada standar minimal yang ditentukan oleh lembaga atau sekolah. Dengan demikian penggunaan strategi belajar MI tetap berada pada posisi yang selalu menguntungkan bagi siswa yang menggunakannya.
Langkah penerapan Strategi Pembelajaran Multiple Intelegences dilakukan dengan 2 cara dalam penerapan strategi pembelajaran MI agar dapat hasil yang maksimal, yaitu :
1.      Memberdayakan semua jenis kecerdasan pada setiap mata pelajaran
2.      Mengoptimalkan pencapaian mata pelajaran tertentu berdasarkan kecerdasan yang menonjol pada masing-masing siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar